Selasa, 30 April 2019

ANALISIS SWOT PERUSAHAAN RESTAURANT BURGER KING

Nama : Isma Tadayyana Sufi (1701011493)
Prodi  : Manajemen Ekonomi
Dosen Pengampu : Dr. Agung Hirmantono, SE. M.Ak.
Mata Kuliah  : Sistem Informasi Manajemen (SIM)

ANALISIS SWOT PERUSAHAAN RESTAURANT BURGER KING

I.    SEJARAH BURGER KING

Burger King merupakan salah satu restoran cepat saji yang menyajikan hamburger sebagai menu utamanya. Perusahaan Burger King dimulai pada tahun 1953 sebagai Insta-Burger King, Jacksonville, Florida. Saat Insta-Burger King kesulitan keuangan di tahun 1954, James Mc Lamore dan David Edgerton membeli perusahaan dan lalu menamainya Burger King.
Pada tahun 1955 Burger King telah beroperasi di 40 lokasi di seluruh Amerika. Tahun 1961 Burger King menjual lisensi franchisenya kepada pengusaha di Amerika Serikat dan pada saat itu juga nama restoran berubah menjadi Burger King Corporation.
Pada tahun 1963 Burger King mulai melakukan ekspansi ke luar Amerika dan membuka cabang restoran untuk pertama kalinya di San Juan, Puerto Rico. Namun pembukaan gerai di Puerto Rico tidak mendapat tanggapan yang serius di dunia internasional. Tanggapan ini justru muncul ketika dibuka cabang restoran Burger King di Kanada tahun 1969. Setelah pembukaan cabang di Kanada, restoran ini mulai diminati ke benua lainnya seperti, di Eropa dengan Madrid sebagai kota pertamanya pada tahun 1972, Asia Timur pada tahun 1982 dan termasuk Negara lain yaitu Jepang, Taiwan, Singapura, dan Korea Selatan serta Indonesia.

II.    ANALISIS SWOT

Analisis SWOT adalah analisis yang dapat mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk dapat memutuskan strategi perusahaan yang diinginklan sehingga mendapat keuntungan yang optimal, Analisis ini didasarkan pada suatu logika/nalar yang dapat menghasilkan suatu kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalisirkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats) yang ada didalam sutu perusahaan. Jadi, intinya analisis SWOT adalah membandingkan antara faktor eksternal perusahaan yaitu Peluang (opportunities) dan Ancaman (threats) dengan faktor internalnya yaitu Kekuatan (strengths) dan Kelemahan (weaknesses)

Analisis SWOT Burger King :

1. Strengths ( Kekuatan )

1)    Sebagai pelopor penyedia makanan cepat saji
2)    Penetrasi pasar yang tinggi
3)    Terdapat banyak referensi makanan cepat saji lainnya
4)    Disukai banyak kalangan masyarakat
5)    Daging burger yang lebih tebal

2. Weakness ( Kelamahan )
1)    Banyaknya industri makanan yang menjual burger atau makanan siap saji lainnya
2)    Mudah ditiru bisnis
3)    Kurang memperhatikan nilai gizi
4)    Lemak kalori makanan sangat tinggi dan tidak baik bagi kesehatan
5)    Harga yang cukup mahal

3. Opportunity ( Peluang )
1)    Luasnya potential market yang terjadi di dunia industri makanan di Indonesia
2)   Bisa dijadikan bisnis waralaba yang bisa menjadi pemasukan dari menjual brand dan sistem manajemennya
3)    Mengembangkan jenis varian makanan yang lain, seperti dalam bentuk penyajian dan rasa yang baru
4)    Tingginya tingkat ketergantungan masyarakat akan jenis makanan cepat saji
5)   Tinggi dan stabilnya tingkat kesetiaan masyarakat kepada restaurant makanan cepat saji seperti Burger King

4.  Threat ( Ancaman )
1)  Industri makanan cepat saji merupakan sektor yang sangat kompetitif sehingga persaingan juga semakin ketat
2)   Banyaknya pesaing dari restaurant seperti KFC Dan McD
3)   Adanya tekanan dari berbagai pihak mengenai makanan cepat saji dengan masalah obesitas
4)  Banyak masyarakat yang beralih ke jenis makanan yang lebih sehat dan mulai meninggalkan mengkonsumsi ‘’Junk Food’’
5)   Meningkatnya harga bahan makanan

III.    CONTOH KASUS

Pada dekade 80-an restoran burger king muncul di asia termasuk indonesia. Restoran burger king di indonesia hanya dapat bertahan dalam beberapa waktu di tahun 1985 .Kendala telah memiliki pelanggan setia namun burger king tidak dapat bertahan, sehingga indonesia tidak memiliki restoran khusus burger. Banyak pencinta burger king rela ke luar negeri hanya untuk mendapatkan cita rasa yang unik , serta bentuk ukuran yang berbeda.
Burger King sempat menghilang selama beberapa tahun akhirnya pada tahun 2007  PT Sari Burger Indonesia sebagai pemegang lisensi memunculkan Burger King kembali dengan adanya franchice dengan menambah jumlah gerai di seluruh Indonesia , juga akan meningkatkan mutu produk yang disajikan dari cita rasa yang unik , bentuk daging dengan ukuran yang lebih tebal, saus yang di modifikasi, serta menawarkan hidangan pelengkap seperti kentang goreng.

1 komentar:

  1. halo saya anya bennett, seorang penulis keuangan. saya menulis di beberapa topik terkait keuangan seperti utang, pinjaman, asuransi, investasi dan sebagainya. saya menemukan blog Anda saat berselancar di internet untuk menemukan blog yang cocok untuk menulis artikel. itu sangat banyak akal dengan konten yang kaya dan bagus dan memiliki presentasi yang jelas. saya harus menghargai kerja keras Anda dan berharap Anda beruntung. saya bertanya-tanya apakah ada orang di sini yang mencari pemberi pinjaman pinjaman positif untuk melaksanakan proyek atau kebutuhan keuangan Anda? saya merekomendasikan orang tersebut untuk menghubungi mr pedro jerome (pedroloanss@gmail.com) yang telah membantu banyak pengusaha muda & tua di seluruh dunia untuk bantuan keuangan jadi saya sangat yakin bahwa mr pedro dapat membantu di tingkat 2. layanan pinjaman kepada siapa pun di sini mencari pinjaman. terima kasih sekali lagi telah mengizinkan saya untuk menulis di blog Anda. Saya yakin saya telah memberikan Anda artikel yang benar-benar unik dan relevan sehingga dapat bermanfaat bagi pembaca Anda. jika Anda tidak senang dengan catatan singkat saya, saya dengan hormat menyesalinya sebelumnya. salam hormat saya, anya bennett.

    BalasHapus